Jika rekan blogger memang sudah mendaftarkan URL/blog/Website tekan di Google Webmaster ada baiknya untuk mengunjungi Google Webmaster secara berkala.Hal ini perlu dilakukan untuk kepentingan blog Rekan Blogger sendiri. Apa yang bisa didapat dari sana? Amati hasil analisa Webmaster terhadap konten yang Rekan Blogger punya.
Perhatikan keywordnya, bagaimana penelusuran query, berapa banyak konten yang terdaftar di Google Search Engine dan berapa banyak konten yang mendapat kunjungan. Semuanya ada disana. Tetapi dalam postingan kali ini Adhie Mempawah mencoba menelusuri tentang Tautan ke situs Anda (external link). Dalam proses blogging tentunya Rekan Blogger sudah banyak melakukan aktifitas SEO dengan cara bertukar link, memberikan komentar pada blog lain, memasang iklan di situs-situs tertentu atau menulis artikel di blog/situs lain. Bagi yang blognya sudah berumur lama, tautan yang didapat juga banyak dan bahkan bisa jutaan tautan yang berhubungan dengan URL/konten Rekan Blogger.Tetapi dalam tampilan rilnya Google hanya memberikan link-link sebanyak antara 200 - 300 link saja.
Setiap konten akan mempunyai jumlah tautan tersendiri. Artinya konten-konten yang paling banyak mendapat tautan adalah konten dari blog Rekan Blogger yang paling baik. (hanya pada blog itu).Konten tersebut tentunya banyak mendapat kunjungan.Dari sini cobalah amati satu persatu, barangkali akan didapat peluang bisnis, atau sarana pertukaran link baru dan juga tidak menutup kemungkinan akan timbulnya ide-ide untuk membuat artikel. Ini juga bagian dari sisi positif melakukan sosialisasi/promosi blog. Secara offline, kita memang tidak terlepas dari interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga dengan dunia online. Salah satu keuntungan berhubungan dengan blog lain ya itu tadi, banyaknya tautan external yang kita dapat.Dan tentunya ini cukup menguntungkan untuk blog kita. Meski sesibuk apapun kita mengurus blog, mengunjungi Google Webmaster secara berkala juga perlu dilakukan.
Perhatikan keywordnya, bagaimana penelusuran query, berapa banyak konten yang terdaftar di Google Search Engine dan berapa banyak konten yang mendapat kunjungan. Semuanya ada disana. Tetapi dalam postingan kali ini Adhie Mempawah mencoba menelusuri tentang Tautan ke situs Anda (external link). Dalam proses blogging tentunya Rekan Blogger sudah banyak melakukan aktifitas SEO dengan cara bertukar link, memberikan komentar pada blog lain, memasang iklan di situs-situs tertentu atau menulis artikel di blog/situs lain. Bagi yang blognya sudah berumur lama, tautan yang didapat juga banyak dan bahkan bisa jutaan tautan yang berhubungan dengan URL/konten Rekan Blogger.Tetapi dalam tampilan rilnya Google hanya memberikan link-link sebanyak antara 200 - 300 link saja.
Setiap konten akan mempunyai jumlah tautan tersendiri. Artinya konten-konten yang paling banyak mendapat tautan adalah konten dari blog Rekan Blogger yang paling baik. (hanya pada blog itu).Konten tersebut tentunya banyak mendapat kunjungan.Dari sini cobalah amati satu persatu, barangkali akan didapat peluang bisnis, atau sarana pertukaran link baru dan juga tidak menutup kemungkinan akan timbulnya ide-ide untuk membuat artikel. Ini juga bagian dari sisi positif melakukan sosialisasi/promosi blog. Secara offline, kita memang tidak terlepas dari interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga dengan dunia online. Salah satu keuntungan berhubungan dengan blog lain ya itu tadi, banyaknya tautan external yang kita dapat.Dan tentunya ini cukup menguntungkan untuk blog kita. Meski sesibuk apapun kita mengurus blog, mengunjungi Google Webmaster secara berkala juga perlu dilakukan.
Hal lain yang didapat dengan mengunjungi Google Webmaster adalah :
- Kita dapat melihat kemampuan keyword yang kita pasang. Tetapi disini memang terasa lain karena mesin pencari dari Google akan membaca kata yang paling banyak kita ketik pada saat menulis artikel dan mempostingnya. Karena kita menggunakan Bahasa Indonesia, maka kata 'yang' merupakan kata yang dianggap keyword yang signifikan oleh Mesin Pencari Google. Bukankah kata tersebut memang paling sering masuk dalam suatu kalimat? Dalam postingan ini Rekan Blogger dapat menghitung berapa kata 'yang' yang kita ketikkan untuk dapat menjelaskan sesuatu.
- Anda dapat melihat penulusuran query Anda dari konten yang terpasang. Berapa banyak penayangan dari suatu jenis query atau berapa jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung blog Rekan Blogger.
- Menelaah laman internal dengan melihat hubungan antara satu konten dengan konten lainnya. Jika menggunakan menu dan menautkannya ke label atau kategori maka itu merupakan bagian dari tautan internal pada blog. Atau juga antar satu konten dengan konten lainnya dengan kategori atau label yang sama
- Jumlah URL yang terindek dalam peta situs tidaklah kita dapatkan semuanya. Beberapa tutorial tentang ini yang pernah Adhie Mempawah baca meskipun jumlah posting atau konten sampai ratusan tetapi hanya 26 saja yang terindek. Seperti blog ini, jumlah postingan sudah diatas 40 posting tetapi dalam catatan peta situs URL yang terkirim hanya 26 dan yang terindek hanya 21.Tetapi apakan harus berhenti membuat artikel dan posting? Tentunya sebagai blogger, Rekan Blogger tak perlu pusing untuk ini, terus saja berkarya karena posting baru tetap terindek oleh search engine.
Secara keseluruhan, Rekan Blogger tak mungkin mendapatkan apa yang diinginkan secara lengkap. Bagaimanapun Mas Google ini punya rahasia tersendiri yang sulit dibuka oleh siapapun. URL default seperti Blogspot tentu perlakuannya berbeda dengan Free Domain atau Custom Domain. Blogger sendiri menyediakan Custom Domain. Mau beli? Silakan Anda Coba.
Dari contoh diatas, memang dirasakan sangat perlu untuk mendapatkan hasil yang baik oleh karena itu Kunjungi Google Webmaster secara berkala.
Sudah mengunjungi blog ini, semoga ada manfaatnya bagi Anda
Adhie Mempawah. Komputer Tuturial, Inovasi dan Kreasi
Nice post sobat, trimakasih
BalasHapushttp://www.purbalingga.co.cc
http://www.freedomtemplate.blogspot.com